Bupati Dan Wakil Bupati Hadiri Pemakaman Mantan Bupati Pertama TTU

LINTAS-BIINMAFFO,- Bupati Timor Tengah Utara Drs. Juandi David dan Wakil Bupati Drs. Eusabius Binsasi menghadiri acara pemakaman Bapak Petrus Canisius Tarcisius Salassa (Bupati Kepala Daerah Tingkat II Timor Tengah Utara) masa jabatan 1960-1964. Hadir pada kesempatan itu mantan Bupati TTU periode 1990-2000 Drs. Antonius Amaunut, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT mewakili Gubernur NTT, Ketua DPRD TTU, Sekda TTU, Unsur Forkompimda, Pimpinan perangkat daerah lingkup Pemkab TTU, tokoh agama, tokoh masyarakat.

Acara pemakaman Bapak Petrus Canisius Tarcisius Salassa dilakukan melalui Misa Requieem yang dipimpin Vikjen Keuskupan Atambua Pater Vinsensius Wun, SVD di gedung Alicia Naesleu Kefamenanu, Rabu (26/4/2023). Papi/Opa Salassa, sapaan humanis Petrus Canisius Tarcisius Salassa diketahui meninggal pada Minggu 23 April 2023 setelah dirawat di Rumah Sakit Siloam, Kupang. Bupati Juandi David saat bertindak selalu pembina pada upacara kedinasan pemakaman menyebut pemerintah daerah Kabupaten TTU kehilangan tokoh sejarah, tokoh pemerintah, tokoh gereja dan tokoh panutan.

“Lebih dari itu kita juga kehilangan seorang pendekar, perintis pembangunan di Kabupaten Timor Tengah Utara.Karena itu pantas pada kesempatan ini kita mengenang kembali jasa-jasa dan sepak terjang almarhum di Kabupaten TTU tahun 1960-1964,” ungkap Bupati Juandi.

Opa/Papi Petrus Salassa, lanjut Bupati Juandi dalam kesederhanaannya telah mengajarkan banyak hal baik bagi masyarakat Timor Tengah Utara dan juga telah mengukir namanya dengan tinta emas pada kanvas pembangunan di Kabupaten Timor Tengah Utara. “Oleh karena itu, saya atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara mengucapkan terimakasih atas semua jasa dan pengorbanan yang telah diberikan kepada daerah ini.

 Bapak Pertus Salassa namamu akan selalu hidup dalam hati kami. Selamat jalan Bapak Petrus Salassa menuju rumah Bapak di surga,”tukas Bupati Juandi. Disaksikan media ini, usia Misa Requem, dilanjutkan dengan upacara kedinasan yang dipimpin secara langsung oleh Bupati TTU Drs. Juandi David. Selanjutnya almarhum dibawa ke Kantor Bupati TTU untuk dilakukan penghormatan terakhir kepada jenasah almarhum Bapak Petrus Canisius Tarcisius Salassa oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Mantan Bupati TTU periode 1990-2000 Drs. Antonius Amaunut, Sekertaris Daerah, pimpinan perangkat daerah dan semua ASN yang kantornya berada di dalam kompleks kantor Bupati TTU.

 Usai acara penghormatan terakhir di lantai 1 Kantor Bupati TTU, selanjutnya almarhum dibawa ke tempat peristirahatan terakhir di TPU Bijaelsunan Kelurahan Tubuhue Kecamatan Kota Kefamenanu.

 Penulis : Lius Salu

 Editor : Kristo Ukat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *