Wabup TTU Hadiri Seminar Literasi Digital Yang Diselenggarakan Oleh Kemkominfo dan Komsos KWI

LINTAS-BIINMAFFO-Wakil Bupati Timor Tengah Utara Drs. Eusabius Binsasi menghadiri seminar nasional literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo Republik Indonesia bekerja sama dengan Konferensi Waligereja Indonesia, bertempat di Aula Hotel Livero Kefamenanu, Kamis lalu, (18 Mei 2023).

Seminar yang dilakukan secara luring ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif dan aman, cara memanfaatkan media sosial secara baik untuk memberantas hoax dan juga dalam rangka menyambut perayaaan Hari Komunikasi Sosial Nasional Tahun 2023 dengan tema “Literasi Digital, Cerdas dan Bijak Bermedia Sosial”

Adapun pihak yang hadir dalam seminar tersebut yakni Bapak Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku, Wakil Bupati TTU, Ketua DPRD Kab.TTU, Ketua Komsos dan tim Komsos KWI, mahasiswa/i STIPAS Santo Petrus Kefamenanu, pelajar Sekolah Menengah Atas, tokoh masyarakat, aktivis dan pegiat sosial serta masyarakat umum. Total peserta kurang lebih mencapai 250 orang.

Narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut, yakni yg pertama Dr. Rosarita Niken Widiastuti selaku Staf Khusus Menteri Kominfo. Ia mempresentasikan hal terkait “Literasi Digital Berbicara Dari Hati: yang bertujuan agar para peserta dapat mengetahui perkembangan digitalisasi agar mereka mampu terlibat dan memanfaatkan media sosial dan teknologi secara baik dan menghindari hal-hal negatif dari adanya digitalisasi.

Narasumber kedua yakni Prof. Richardus Eko Indrajit selaku pakar teknologi informasi dan Rektor Universitas Pradita. Beliau yang juga berpofesi sebagai dosen tersebut memaparkan materi terkait algoritma kebangsaan, pengaruh media sosial dan bagaimana karakter dan kepribadian seseorang dapat dinilai oleh orang lain berpatokan pada hal-hal yang Ia bagikan di media sosial.

Terakhir, Mgr. Dominikus Saku selaku Uskup Atambua mengajak para peserta agar mencermati realitas yang ada di mana kemajuan teknologi sudah semakin meningkat, namun diiringi oleh dampak-dampak negatif seperti banyaknya penyebaran hoaks. Diharapkan agar dampak negatif tersebut dapat dicegah dan diimbangi melalui penyebaran iman dan hal-hal yang baik ke media sosial kita.

Sementara itu, Wakil Bupati Timor Tengah Utara, Drs Eusabius Binsasi yang hadir dalam seminar tersebut merespon baik penyelenggaran seminar tersebut.

Jadi sesuatu yang luar biasa karena banyak hal yang tadi disampaikan dalam kaitannya dengan bagiamana kita harus pandai membaca medsos,” tuturnya

Mantan Dirjen Bimas Katolik tersebut meyakini bahwa melalui materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber, akan banyak masyarakat yang paham cara pengelolaan media sosial secara baik.

Jadi ternyata ada banyak hal di medsos yang dimengerti secara lurus ternyata ada banyak hal- hal yang perlu dimengerti oleh masyarakat dan ini dalam seminar tadi dikupas habis oleh ibu niken, oleh professor eko bersama bapak uskup sehingga dalam diskusi-diskusi tadi itu saya melihat bahwa ternyata banyak orang menjadi paham tentang bagaimana harus membaca medsos secara tepat dan benar dan pemahaman literasi digital ini memang sangat dibutuhkan untuk kehidupan sekarang baik kehidupan menggereja maupun kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya lebih lanjut.

Mensi Lau, salah satu peserta seminar yang diwawancarai setelah kegiatan merasa bersyukur dan bangga dapat terlibat dalam kegiatan tersebut.

Ini kegiatan yang mungkin tidak diselenggarakan setiap tahun, tapi sebagai salah satu kebanggan tersendiri buat kami mahasiswa karena diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan untuk mengetahui bagiamana cara pengelolaan alat alat digital (media sosial-red) yang semakin modern”, tuturnya. Mahasiswi STP St. Petrus Kefamenanu tersebut berharap agar ke depan ia mampu untuk memilah informasi-informasi yang akan dibagikan/diposting di media sosial.

Penulis : Ferry Naat

Editor : Kristo Ukat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *