Pemkab TTU Lakukan Pencanangan PMT Untuk Sasaran 1000 HPK Dan Bagi Balita Stunting

LINTAS-BIINMAFFO, – Bertempat di Halaman Kantor Desa Nifunenas Kecamatan Insana Barat, Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara melakukan pencananganan secara serentak pemberian PMT yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2023 bagi sasaran dan balita stunting (Resiko Stunting), Jumat (5/5/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP. PKK Kabupaten TTU Ny. Elvira Berta Maria Juandi Ogom bersama pengurus TP. PKK Kabupaten TTU, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PMD Kepala Dinas P2KB, Kepala Dinas Kominfotik, Camat Insana Barat bersama staf, para kepala desa Se-Kecamatan Insana Barat serta masyarakat dan sasaran penerima PMT Desa Nifunenas

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU Robert Tjeumfin, S.Kep.Ns, MPH yang mewakili Bupati Timor Tengah Utara Drs. Juandi David mengatakan bahwan pemerintah daerah terus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka penderita stunting di Kabupaten Timor Tengah Utara. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggandeng semua elemen termasuk di dalamnya adalah Tim Penggerak PKK baik dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa.

Kita bersama-sama bergandeng tangan menuntaskan masalah stunting di Kabupaten TTU dengan melibatkan ibu-ibu PKK dari kabupaten hingga tingkat desa. Hari ini kita canangkan di sini, maka dengan demikian semua desa di TTU wajib melaksanakan kegiatan PMT ini hingga 90 hari ke depan” ucap Kadis Kesehatan TTU Robert.

Lanjut Kadis Robert, PMT ini akan terus diberikan secara rutin kepada sasaran dan anak-anak stunting sehingga pada saat bulan timbang yaitu bulan Agustus yang akan datang diharapkan sudah ada perubahan menurun angka dalam hal ini prosentase prevalensi stunting di daerah kita.

Sementara itu Ketua TP. PKK Kabupaten TTU Ny. Dra. Elvira B.M Juandi Ogom mengingatkan pengurus TP. PKK desa dan para kader di desa untuk senantiasa berkoordinasi dengan  pemerintah desa dan tenaga kesehatan yang ada guna mendukung program pemberian makanan tambahan bagi sasaran dalam 1000 HPK terutama balita stunting yang beresiko. Adapun dana untuk kegiatan PMT ini bersumber dari dana desa tahun 2023 maupun sumber lainnya di desa “Pengurus TP. PKK desa bersama Ibu-ibu kader di desa senantiasa berkoordinasi dan selalu siap untuk mendukung program pemerintah daerah terutama dalam penanganan masalah stunting” tandas Ketua TP. PKK Kabupaten TTU ini. Pantauan media ini, nampak orang tua bersama anak-anak sasaran penerima PMT sangat antuasias dalam memberikan PMT bagi anak-anak sasaran penerima program PMT ini.

Penulis/editor : Kristo Ukat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *