Rangkaian Kegiatan HUT ke-102 Kota Kefamenanu Resmi Ditutup

LINTAS BIINMAFFO,- Bupati Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur Drs. Juandi David secara resmi menutup seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-102 Kota Kefamenanu, tahun 2024. 

Peringatan HUT Ke-102 Kota Kefamenanu ditutup dengan upacara penutupan di halaman Kantor Bupati TTU, Senin (23/9/2024). 

Bupati TTU saat bertindak sebagai Pembina Upacara dalam upacara peringatan HUT ke-102 Kota Kefamenanu di halaman Kantor Bupati TTU, Senin (23/9/2024). 

Mengawali sambutan, Bupati Juandi menyampaikan bahwa, perayaan HUT ke-102 Kota Kefamenanu merupakan sebuah momentum yang tepat untuk membangkitkan kembali semangat bersama membangun TTU ke arah yang lebih baik.

Kota Kefamenanu, imbuh dia, merupakan salah satu pusat kegiatan strategis nasional karena Kota Kefamenanu merupakan salah satu kota Kabupaten yang terletak di batas negara RI – RDTL. 

Sebagai kota perbatasan, ujar Bupati Juandi, kota ini terus ditata karena merupakan wajah Indonesia di mata dunia Internasional. Posisi geostrategis ini telah mendorong semua pihak untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di daerah ini.

Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi bagi pembangunan daerah ini,” ungkap Bupati Juandi David.

Upacara peringatan HUT ke-102 Kota Kefamenanu dihadiri oleh unsur forkopimda, Ketua TP. PKK bersama anggota, Ketua DWP Kab. TTU bersama anggota, para ASN dan PTT di Lingkup Pemkab TTU, pegawai BUMN/BUMD, para guru dan siswa/i dari beberapa sekolah di Kota Kefamenanu dan undangan lainnya, yang berlangsung di halaman Kantor Bupati TTU, Senin (23/9/2024). 

Kota Kefamenanu sebagai Ibu kota Kabupaten, demikian Bupati Juandi, membutuhkan percepatan penataan dan pembangunan infrastruktur. Selain sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan pusat pemerintahan dan pelayanan publik, kota ini mesti menjadi pusat budaya TTU yang harus ditata sebagai rumah besar, rumah yang menyatukan semua etnis dan golongan.

Tema perayaan HUT ke-102 Kota Kefamenanu adalah ‘Dengan Semangat Nekaf Mese Ansaof Mese, Bulatkan Tekad Menuju TTU Sejahtera’. Tema ini adalah sebuah seruan dan ajakan bagi seluruh warga Kabupaten TTU dan warga Kota Kefamenanu pada khususnya untuk membangun tekad dan komitmen bersama mewujudkan TTU yang sejahtera,” ungkapnya. 

Bupati Juandi pada kesempatan itu membeberkan capaian kinerjanya bersama Wakil Bupati Drs Eusabius Binsasi di mana pada masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Eusabius Binsasi, mereka telah menjalankan beberapa program yang pro rakyat.

Diantaranya program Terima Kunci Rumah Layak Huni (Tekun Melayani Plus) di mana dalam kurun waktu 4 tahun telah dibangun 717 unit rumah yang bertujuan untuk mengangkat derajat hidup masyarakat untuk tinggal di rumah yang layak. 

Wakil Bupati TTU juga turut hadir bersama pejabat terkait lainnya dalam upacara peringatan HUT ke-102 Kota Kefamenanu di halaman Kantor Bupati TTU, Senin (23/9/2024). 

Dalam bidang peternakan, lanjut Bupati Juandi, Pemkab TTU berupaya mengembalikan kejayaan Kabupaten TTU sebagai gudang ternak dan meningkatkan pendapatan para petani melalui program bantuan Ternak Sapi (Terasa).

Hingga saat ini, pemerintah daerah telah memberikan bantuan sebanyak kurang lebih 1000 ekor sapi kepada para petani sesuai dengan kriteria penerima,” tukasnya

Di momentum HUT ke-102 Kota Kefamenanu, Bupati Juandi berharap semua pihak dapat bekerja sama, bergandengan tangan membangun Kabupaten TTU ke arah yang lebih baik.

Perayaan HUT ke-102 Kota Kefamenanu ini hendaknya menjadi momentum untuk membangkitkan semangat seluruh masyarakat untuk terus berjuang,” harapnya. 

Setelah pelaksaaan upacara, Bupati TTU bersama undangan lainnya disuguhi persembahan lagu-lagu daerah oleh paduan suara SMAN 2 Kefamenanu, Senin (23/9/2024). 

Menurutnya, Pemerintah telah menetapkan berbagai kebijakan yang berpihak pada masyarakat namun kebijakan-kebijakan tersebut tidak akan bermanfaat bila tidak ada partisipasi aktif dari masyarakat.

Karena itu pada momentum HUT ke-102 Kota Kefamenanu ini, saya mengajak semua pihak untuk bekerja sama membangun daerah ini. Dengan penuh optimis, mari kita tatap masa depan TTU yang lebih sejahtera,” pungkasnya.

Penulis : Lius Salu
Editor : Kristo Ukat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *