Jelang Peringatan Hardiknas 2023, MKKS SMA Kabupaten TTU Gelar Sejumlah Perlombaan

LINTAS- BIINMAFFO,- Menyambut peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menggelar sejumlah perlombaan bagi siswa-siswi tingkat SMA/SMK Se-Kabupaten TTU.

Pantauan Media ini, kegiatan yang berlangsung di SMA Negeri Insana Tengah, Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten TTU, dihadiri oleh ratusan peserta lomba dari seluruh SMA Se Kabupaten TTU dengan menggenakan berbagai busana adat dalam kegiatan perlombaan tersebut, Jumat (28/04/2023).

Kepada Media, Dra Elvira B.M Ogom, Ketua Koordinator Pengawas (Korwas) tingkat SMA/SMK se-Kabupaten TTU mengungkapkan kegiatan perlombaan yang diselenggarakan jelang peringatan Hardiknas 2023 merupakan program kerja tetap yang dilaksanakan setiap tahun.

Kegiatan memperingati hari pendidikan nasional, seluruh SMA di Kabupaten TTU menjadikan momen ini menjadi program tetap yang dilakukan setiap tahun dan tempatnya juga berpindah-pindah”, ungkapnya.

Hal itu, menurutnya dilakukan untuk mengembangkan minat dan bakat para siswa dan juga sebagai pembelajaran terkait situasi dan kondisi yang ada di luar sekolah asalnya.

Perlombaan yang dilakukan jelang peringatan hari pendidikan nasional itu merupakan wujud dari kurikulum merdeka belajar bagi SMA/SMK se-Kabupaten tahun ajaran 2023/2024.

Pelaksanaan kurikulum merdeka yang temanya adalah ‘bergerak bersama semarakkan merdeka belajar’, satuan pendidikan tingkat SMA/SMK bersama-sama dengan sekolah penggerak diminta mandiri melaksanakan kegiatan disekolah dengan memberikan kebebasan belajar bagi siswa-siswi.

Anak-anak diberi kebebasan dan pendampingan sesuai dengan minat dan bakat mereka. Jadi anak-anak itu bisa mengembangkan diri mereka sendiri secara mandiri, kreatif dan inovatif”, tuturnya.

Ia berharap kedepannya kegiatan ini direncanakan lebih baik dan kegiatan perlombaannya pun lebih ditingkatkan demi tersalurnya minat dan bakat dari peserta didik.

“Semoga kedepannya ada kegiatan-kegiatan bagi guru-guru sehingga guru-guru juga dapat meningkatkan kompetensinya”, harapnya. Sementara Ketua panitia pelaksana kegiatan perlombaan, Drs. Yohanes Don Bosco mengungkapkan jumlah sekolah peserta yang berpartisipasi dalam perlombaan peringatan hardiknas 2023 sebanyak 28 SMA Se-Kabupaten TTU dari 30 SMA yang ada. “Peserta yang berpartisipasi dalam perlombaan ini sebanyak 28 tingkat SMA saja yang ada di kabupaten TTU Krn tingkat SMK ada MKKS nya sendiri”, jelasnya.

Dijelaskannya, dua sekolah yang tidak ikut serta dalam kegiatan perlombaan tersebut yakni SMA Nurul Fallah Kefamenanu dan SMA Pelita Karya Kefamenanu.

Jenis perlombaan yang diadakan panitia yakni debat bahasa Inggris, debat bahasa indonesia, lomba baca puisi, tarian kreasi, vokal solo dan paduan suara. Terkait dengan penghargaan bagi peserta lomba yang meraih juara, sesuai kesepakatan bersama panitia hanya akan memberikan piala dan sertifikat penghargaan.

Nanti sampai di satuan pendidikan masing-masing, kepala sekolah akan memberikan hadiah prestasi sesuai dengan rencana kegiatan dan anggaran sekolah”, jelasnya.

Penulis : Poldus Meomanu

Editor : Kristo Ukat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *