Sepenggal Kalimat Motivasi Belajar dan Tanda Tangan Presiden Jokowi di Buku Tulis Siswi SMP di Kabupaten TTU

LINTAS BIINMAFFO, – Siang itu pukul 12.10 WITA wajah sang surya nampak cerah di langit Kota Sari, Ibu Kota Kabupaten TTU, Provinsi NTT. Sebuah kota di ujung barat pulau timor, perbatasan antara RI-Distrik Oecusse,RDTL.

Suasana Kota Kefamenanu yang baru saja merayakan HUT ke-102 pada 22 September 2024 itu sedikit berbeda dari biasanya. Masyarakat berbondong memadati jalan El Tari untuk menyaksikan kedatangan Presiden RI, Joko Widodo yang mana baru pertama kali menginjakkan kaki di Bumi Biinmaffo.

Di tengah riuh padatnya desakan warga yang ingin menjumpai presiden, seorang remaja putri tampak antusias meski dalam balutan keringat meleleh di wajahnya yang penuh keceriaan. “Bapak Jokowi… Bapak Jokowi,” teriaknya dalam suasana pengamanan ketat Paspampres yang tengah merentangkan tangan membatasi warga.

Tak disangka, berselang beberapa menit kemudian, remaja berambut keriting berkulit sawo matang itu akhirnya diijinkan seorang anggota Paspampres berbaju keabu-abuan. Dia berhasil bertemu Presiden Jokowi yang tengah duduk dalam mobil RI 1 dengan pintu mobil bagian kiri terbuka. Entah apa yang dibicarakan. Namun, gadis kecil itu disambut dengan senyuman.

Masyarakat Kab. TTU tampak berkumpul di depan Kantor Bupati TTU demi menyambut kedatangan Presiden Jokowi, Rabu (2/10/2024).

Tak ragu-ragu, remaja yang mengenakan seragam corak batik itu langsung menyodorkan sebuah buku tulis ke presiden. Ternyata sebuah tandatangan dan sepenggal kalimat motivasi yang ditulis langsung Presiden Jokowi menggunakan pena. Wajah anak itu terlihat berseri-seri haru.

Belajar yang Rajin“.. tulis Presiden Jokowi dengan pena sekaligus tanda tangan Beliau pada salah satu halaman bersih pada buku tulisnya yang ditunjukkan ke media ini, Rabu (2/10/2024). Pesan itu kemudian menjadi motivasi dan dorongan kuat untuk terus belajar menggapai cita-cita sebagai anak bangsa.

Sang gadis kecil itu ternyata bernama Anabela Joseph Ponis. Adalah seorang pelajar SMPN 2 Kefamenanu. “Saya amat sangat senang… Saya dapat tolak dari banyak orang tapi saya tetap berusaha. Saya akan terus belajar karena bapak jokowi sudah kasi pesan,” ungkap Anabela penuh haru.

Keceriaan serupa ditunjukkan warga Kefamenanu lainnya yang mendapatkan baju serta bingkisan langsung dari Presiden Jokowi.

Endik Bria, warga Kefamenanu yang mendapat baju dari Presiden Jokowi saat diwawancarai media ini di Kota Kefamenanu mengaku senang dan bangga. “Kami senang sekali bisa dapat baju. Ini kenang-kenangan terakhir dari Bapak Jokowi sebelum mengakhiri masa jabatannya,” jelasnya.

Ini (Jokowi-red) presiden yang paling setia untuk membantu masyarakat,” tambah Rosina Hoar yang mengaku sudah menunggu kedatangan Presiden RI berjam-jam di Pasar Lama Kefamenanu.

Kehadiran Bapak Presiden dan rombongan membawa sukacita bagi masyarakat mulai dari anak sekolah, tokoh adat dan tokoh masyarakat. Mereka sangat bergembira dan sangat antusias menerima kunjungan presiden,” jelas Plt. Bupati TTU, Eusabius Binsasi.

Menurut Eusabius, kunjungan Presiden RI ke Kabupaten TTU merupakan momen yang sangat penting bagi pemerintah daerah Kabupaten TTU dan masyarakat, apa lagi datang sebelum mengakhiri masa jabatan sebagai presiden. Akan menjadi kenang-kenangan tak terlupakan.

Mantan Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI ini mengaku senang lantaran dalam momen kunjungan tersebut, Presiden RI sempat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kefamenanu dan Pasar Lama Kefamenanu.

Penulis : Apson Benu
Editor : Kristo Ukat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *